Blog yang berisi tentang informasi wisata banyuwangi, liburan dan rekreasi keluarga, serta kumpulan cerita rakyat

Pesona Wisata Banyuwangi

Pesona Wisata Banyuwangi - Banyuwangi kaya akan berbagai macam tempat wisata nan mempesona. Banyak dari sekian Spot Wisata Banyuwangi mempunyai keeksotikan alam yang sangat indah. Masyarakat yang sangat fanatik sekali dengan Pesona Wisata Banyuwangi, mulai dari pegunungan yang eksotik hingga pantai alam yang mempesona semua mempunyai penggemarnya. Blogger Lare Osing Banyuwangi telah banyak bertebaran di Internet yang populer dengan review mengenai wisata Banyuwangi. Ini membuktikan bahwa Masyarakat setempat saat ini telah sadar akan potensi alamnya, hingga mereka berbondong-bondong mendukung program Bupati Abdullah Azwar Anas. Inilah yang di sebut dengan Jenggirat Banyuwangi !!!.
Peta Wisata Banyuwangi, Wisata Banyuwangi, Pesona Wisata Banyuwangi
Peta Banyuwangi
Beberapa waktu belakangan ini Bupati Banyuwangi sedang gencar-gencarnya memperkenalkan sektor pariwisata terbaru dengan spot yang mempunyai geografis berbentuk segitiga. Bukan segitiga bermuda yang ada di samudra pasifik, melainkan Triangle of Diamond, yang terdiri dari :
  1. Kawah Gunung Ijen, Taman Nasional Baluran, Licin Banyuwangi
  2. Pantai Sukomade, Taman Nasional Meru Betiri, Pesanggaran Banyuwangi
  3. Pantai Plengkung, Taman Nasional Alas Purwo, Tegaldlimo
Triangle of Diamond adalah sektor pariwisata yang patut di banggakan, keunikan dari pengambilan nama tersebut adalah jika kita mengambil garis lurus yang menghubungkan ketiganya maka akan terbentuk segitiga. Dari situlah nama Segitiga Berlian di ambil. Ketiganya mempunyai keunikan yang berbeda-beda, mulai dari Kawah unik yang ada di Kawah Gunung Ijen, Pertangkaran penyu dengan jenis yang beragam berada di Sukomade, hingga Ombak Fantastis yang memanjakan para surfer di Pantai Plengkung Banyuwangi. Hal ini sangat patut di apresiasi oleh sekian banyak masyarakat Banyuwangi.

Tidak cukup dari Triangle of Diamond atau Segitiga Berlian, Banyuwangi juga mempunyai spot wisata yang tersebar di semua pelosok desa, mulai dari pantai yang eksotik, pegunungan yang mengagumkan, hingga air terjun yang mempesona. Semua berbaur menjadi satu kesatuan di kota Pisang ini.

Wisata Pegunungan Banyuwangi
  • Kawah Gunung Ijen
Gunung ini sangat populer dengan jenis kawah yang sangat unik. Berdasarkan penelitian, kawah yang ada di gunung ini mempunyai tingkat keasaman yang sangat tinggi di dunia. Danau terlebar hingga 5466 Hekatar dengan kedalaman danau mencapai 200 Meter ini telah di nobatkan sebagai gunung dengan kawah terlebar dan terdalam di dunia. Gunung yang mempunyai tinggi 2368 di atas permukaan laut ini terletak di area Taman Nasional Baluran kecamatan Licin.

Cara Menuju ke Kawah Ijen
Dari Kabupaten Banyuwangi Anda dapat langsung menuju kekecamatan Licin dan dilanjutkan ke desa Jambu, diteruskan dengan menuju ke Patulding dari Patulding Anda dapat meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 2 KM untuk menuju ke Gunung Ijen.

Wisata Pantai dan Pulau Banyuwangi
  • Teluk Ijo
Pernah ke Teluk Ijo? Pasti belum kan? Benar adanya karena memang teluk ini masih sangat asri dan belum banyak orang yang tau mengenai spot wisata ini. Pantai ini mempunyai pasir dan pantai nan bersih. Udara sejuk bak di dalam hutan ini, mampu membuat Anda rileks.

Cara Menuju Teluk Ijo
Dari Kota Banyuwangi menuju ke arah selatan melewati Kabat, Rogojampi, Srono,Cluring, hingga tiba di simpang empat Desa Jajag, kemudian belok kiri. Kemudian pengendara tiba di sebuah simpang empat. Pengendara dapat mengambil arah serong kiri melewati Desa Sambirejo dan Desa Seneporejo kemudian tembus di Pasar Kesilir. Atau mengambil arah lurus (melewati Desa Gambiran, Jembatan Gambiran-Bangorejo, lalu belok kiri arah Pedotan melewati Tugu Tani Gunungsari dan Monumen P. Kusno, kemudian tiba di simpang empat dan belok kanan hingga tiba di persimpangan Pedotan. Setelah itu pengendara bisa memilih mengambil arah kiri melewati Buk Putih hingga tiba di simpang empat Siliragung, atau mengambil arah terus melewati Desa Sukorejo dan Desa Kesilir dan tiba juga di simpang empat Siliragung. Dari simpang Siliragung pengendara dapat mengambil arah serong kiri meewati Kantor Camat Siliragung, Polsek Siliragung, lalu tiba di simpang empat dan belok kanan melewati Jembatan Kalibaru dan tiba di simpang empat Pasar Sanggar, atau mengambil arah lurus melewati Jembatan Siliragung-Sumbermulyo dan Jalan Ahmad Kusnan dan tiba di simpang empat Pasar Sanggar. Jika pengendara dari simpang empat Siliragung mengambil arah lurus, tiba di Persimpangan Penyu dapat langsung belok kanan tanpa melewati Pasar Sanggar, melewati jalur ini akan bertemu di satu titik (Kantor Desa Sumbermulyo) dengan pengendara dari arah Pasar Sanggar. Dari Kantor Desa Sumbermulyo belok kiri menuju Desa Sumberagung. Setelah itu pengendara tiba di Persimpangan Pancer, ambil arah lurus melewati jalur Gunung Gamping dan Perkebunan Sungailembu. Dari sini kondisi jalan masih baik hingga tiba di makam Sungailembu dimana sebelumnya pengendara belok kiri di Persimpangan Pabrik. Dari makam jalan lurus hingga tiba di Persimpangan Kandangan. Dari sana, pengendara dapat mengambil arah kiri melewati pemukiman warga di Desa Kandangan dan jembatan kayu Kandangan-Sarongan atau mengambil arah lurus melewati Afdeling Sumberbopong Sungailembu dan Perkebunan Sumberjambe. Kedua jalur ini akan mengarah ke Terminal/PasarSarongan. Dari Pasar pengendara menuju ke arah selatan melewati Gereja Pantekosta, Kantor Desa Sarongan, Dusun Besaran, Dusun Bayuran dan Dusun Rajegwesi dan tiba di pos pemeriksaan dan tiket. Dari pos pengendara dapat mengambil arah serong kiri (melewati Pantai Rajegwesi lalu belok kanan) atau mengambil arah lurus (melewati PerumahanTsunami) hingga tiba di kawasan parkir kendaraan yang terletak di kawasan Teluk Damai. Dari sini perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki mendaki jalur sepanjang 1 km di bukit kecil di tiba di Pantai Batu. Dari Pantai Batu, Teluk Hijau hanya berjarak sekitar 300 meter. Total perjalanan adalah sekitar 91 km.
  • Pantai Sukomade Penyu
Pantai yang terkenal dengan tempatnya penyu bertelur ini memang harus menjadi tujuan wisata Anda saat berkunjung di Banyuwangi. Selain Penyu berbagai jenis, pantai ini juga mempunyai panorama pantai yang sangat indah.

Cara Menuju ke Sukomade Penyu
Sedikit informasi untuk Anda, medan yang terdapat pada Sukomade ini sebagian besar merupakan jalan yang berbukit jadi Anda dituntut untuk menyesuaikan kendaraan yang Anda gunakan.
Dari Banyuwangi Anda dapat menuju ke Pesanggaran, dari Pesanggaran Anda dapat menuju ke Sarongan dan diteruskan menuju ke Rajagwesi, dari Rajagwesi Anda dapat langsung menuju ke Sukomade.
  • Pantai Grajagan
Mempunyai  pasir hitam yang eksotik dan pemandangan alam yang menakjubkan, Pantai Grajagan sangat cocok untuk Anda yang sedang berlibur.

Cara Menuju Pantai Grajagan
Pantai Grajagan ini terletak di Desa Grajagan Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi.
Dari kota Banyuwangi ke pantai grajagan kurang lebih mempunyai jarak 86 KM. Baiklah Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum untuk menuju ke pantai ini. Dari Banyuwangi Anda langsung menuju ke kota Benculuk dengan menggunakan bis ataupun kendaraan umum lain, sampai dari kota Benculuk Anda dapat mengganti kendaraan dengan “Khol” (sebutan untuk mobil umum) langsung menuju ke Desa Grajagan.
  • Pantai Boom
Pantai yang dulunya merupakan pelabuhan kapal-kapal tangker, saat ini telah di rubah menjadi salah satu spot wisata yang patut di kunjungi.

Cara Menuju Pantai Boom
Pantai Boom ini terletak di Desa Mandar Kabupaten Banyuwangi
Dari kota Banyuwangi, Anda dapat menuju ke Taman Blambangan yang tak jauh dari kota Banyuwangi, dari Lampu Merah Taman Blambangan Anda dapat menuju ke utara hingga menemukan bundara PLN, dilanjutkan dengan menuju kekanan hingga masuk pada jalan Nusantara, Anda dapat menemukan Rambu-rambu menuju ke pantai Boom dengan mudah.
  • Pantai Bedul
Pantai pasir hitam dengan bibir pantai yang sangat panjang ini sangat populer dengan keanekaragaman hayati di dalamnya. Terdapat banyak sekali kera di pinggir pantai, Anda dapat berfoto bareng bersama mereka.

Cara Menuju Pantai Bedul
Pantai Bedul terletak didesa Sumberasri Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. Dari Banyuwangi, Anda dapat pergi ke Benculuk untuk menemukan angkutan umum namun jika Anda menggunakan kendaraan pribadi Anda dapat meneruskan perjalanan Anda menuju ke kota Purwoharjo. Dari Purwoharjo Anda dapat menuju ke desa Curahjati dan kemudian diteruskan menuju desa Sumberasri, dari sini Anda akan menemukan penujuk jalan yang menghantarkan Anda menuju ke Pantai Bedul.
  • Pulau Merah
Pulau dengan pasir putih baru-baru ini telah resmi di buka sebagai spot wisata terbaru di Banyuwangi, pantai yang sering di sebut dengan Kuta-nya Banyuwangi ini perlahan-lahan mampu menyedot masyarakat Indonesia untuk datang di pulau tersebut.

Cara Menuju Pulau Merah
Untuk infrastruktur jalan sudah cukup memadai untuk daerah pesanggaran. Dari Banyuwangi Anda dapat menuju langsung ke Pesanggaran, sampai pasar pesanggaran Anda dapat menyewa ojek yang sudah tersedia disana untuk menghantarkan Anda menuju ke Pulau Merah. Sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor untuk lebih mudah melewati jalan dipulau merah.
  • Pantai Plengkung
Pantai ini terkenal dengan ketinggian ombaknya yang sangat fantastis hingga 3-4 meter. Menjadi spot surfing paling populer saat ini, membuat plengkung di juluki sebagai Hawaii-nya Indonesia.

Cara Menuju Pantai Plengkung
Anda dapat melewati Grajagan sebagai salah satu Transit yang dapat Anda gunakan untuk menuju kepantai plengkung, dengan menyewa speedboot Anda akan sampai dipantai plengkung hanya kurang dari 30 menit perjalanan. Namun jika Anda menuju kepantai plengkung dengan jalan berbeda, Anda dapat menuju dari Banyuwangi ke Pasaranyar, dari Pasaranyar langsung menuju ke Trianggulasi dengan menggunakan kendaraan pribadi karena memang jalan yang dilalui relattif mudah. Dari Trianggulasi Anda dapat menggunakan kendaraan yang menyesuaikan karena memang jalannya bergelombang dan harus melewati sungai-sungai kecil yang dapat Anda temukan sepanjang perjalanan.
  • Pantai Rajagwesi
Obyek wisata Rajegwesi dapat dijangkau melalui rute yaitu :
Jember/Banyuwangi - Jajag - Sarongan - Rajegwesi
Jalur tersebut dapat dilewati wisatawan dengan kendaraan roda empat
Jember ke Jajag 84 km
Banyuwangi ke Karangrejo 3 km
  • Pantai Pancur
Obyek wisata Pantai Pancur dapat dijangkau melalui rute yaitu :
Objek ini dekat dengan Pantai Plengkung, jadi silahkan di baca lagi :)

Wisata Air Terjun Banyuwangi
Banyuwangi menuju Kabat 13 km
Kabat menuju Bunder 10 km
Bunder menuju Krajan 5 km

Dari berbagai macam tempat wisata di Banyuwangi, membuktikan bahwa kota ini adalah merupakan destinasi pilihan para pelancong. Tak heran jika Banyuwangi di sebut sebagai surga wisata. Anda akan menemukan bermacam jenis spot wisata unik di sini. Mantaaapppp!!!.
Salam Laros :)

Pesona Wisata Banyuwangi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: M Lukmantoro

1. saya ASLI BANYUWANGI SAAT INI BERMUKIM DI BATU MALANG, LEBARAN KEMARIN PENGIN LIAT ALAS PURWO DAN SUKOMADE, PULANG DENGAN KECEWA KARENA INFRASTRUKTUR JALAN KESANA BELUM MEMADAI UTK SUATU OBYEK WISATA, KENDARAAN YG BISA MASUK JIP. DAN ARUS SAMBUNG LAGI DG KENDARAAN PENGELOLA OBYEK/PERHUTANI. KENAPA TIDAK MOU SEKALIAN PEMDA DGN PERUTANI SEINGGA PENGEMBANGAN 2 OBYEK TERSEBUT BISA MAKSIMAL DAN BISA MENINGKATKAN PAD. SAYANGKAN TURIS DARI BALI LANGSUNG SPEEDBOD KE PLENGKUNG GIMANA DAPAT RITRIBUSINYA. MOGA ADA PEMBENAHAN DAN BISA MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT SEKITAR. TOLONG PAK ANAS BUKA OBYEK WISATA PLENGKUNG DGN MAKSIMAL...SAMINGAN.

1. Buat bapak Anonim, setelah saya konfirmasikan kepada bapak bupati terkait dengan keluhan bapak tentang pembenahan infrastruktur jalan yang menurut bapak kurang memadahi, bapak bupati akan berjanji untuk membenahi masalah tersebut. jadi untuk bapak silahkan bersabar. karena masih tahap pembenahan.
      terima kasih sudah berkomentar !!!

2. saya didi yang tinggal di desa kandangan, sarongan ...
      saya ngeri kalau pulang kampung.. sudah 13tahun saya bekerja di surabaya.. pulang kampung setap lebaran / akir tahun menjadi rutinitas..
      tapi liburan jadi Gak indah, dan tidak bisa menikmati, nyampe kampung halaman langsung tepar.. di karenakan kondisi jalan yang dari dulu sampe sekarang dan mungkin sampai selama-lamanya seperti itu..( pisimis)
      pembenahan yang hanya sebagai formalitas.. tapi tidak di kerjakan dengan maksimal..( asal-asalan)
      seperti tidak ada yang peduli dengan daerah kami,
      padahal kami penghasil hasil bumi yang cukup besar..
      inget tetangga yang sakit.. karena jalan terlalu rusak parah.. akirnya terlambat di bawa kerumah sakit..
      jalan juga yang membuat orang sehat jadi sakit, yang sakit tambah parah sakitnya..
      tepuk jidat..ambek luslus dodo..

3. saya Anas dan akan saya tampung masukan anda..hee.. #just kidd... insha allah October backpackeran ke Banyuwangi saya...penasaran...

4. Anas bLh bareng..??aku dr Jateng backpackeran ke Banyuwangi jg tgL 19 dr sni,ato ҜLŏ ga bs bLh mnta info ttg penginapan yg murah dan mobiL+sopir utk keLiLing..??

5. ayo berwisata ke banyuwangi
      banyak tempat wisata indah
      salam kenal untuk admin

2. Mungkin apa yang bapak katakan itu benar.. bnyak dari masyarakat Banyuwangi mengharapkan adanya pembenahan dalam masalah infrastruktur jalan yang kurang memadahi..
    namun.. saya sendiri hanya seorang anak kecil yang belum sanggup untuk menangani masalah tersebut,
    lagi pula saya sendiri hanya anak desa rumah saya saja pelosok jadi kalau saya mau protes kepada bpk.Gubernur, saya kesulitan..

1. nasipe wakdewe ko yo podo.. hik..hiks..
      didi ( kandangan -sarongan

3. SAYA sukkaaa dgn Kota Banyuwangi... kota yg ramah :)

4. kemarin juga jalan-jalan ke plengkung juga ijen, ijen sudah bagus akses jalannya, tapi plengkung ya maklumlah, mengingat letaknya yang tersembunyi, selain itu juga untuk menjaga kelestarian alam alas purwo

5. salam kenal dari tempat wisata di Lembang ...

1. Mantap nih gan ..
      semoga selalu sukses ya ?
      salam kenal Banyuwangi dan Lembang

6. Informasinya sangat menarik. Nice info. Thx :)

7. artikel dan foto-fotonya keren keren boss.. Terimakasih infonya

8. aduh... jadi pengen nostalgia ke banyuwangi neeh....

9. wah nice post. semoga bulan depan bisa main ke banyuwangi :))

10. i love BWI
    sangat indah....

11. Saya lbh stuju klo akses jalan dibiarkan sperti itu demi kelestarian dan keaslian pantai dn alam nya.. Toh klopun medan nya sulit, msh bisa brkunjung dgn mobil 4wd ksana.. Lebih seru malah..
    Lihat Bali, kemudahan akses mmbuat alamnya brubah mnjadi bangunan hotel dn resort..

1. perkataan anda mirip sekali dengan pemerintah kabupaten banyuwangi ( bagian pariwisata)
      menyenangkan wisatawan, menyakitkan bagi masyarakat
      anda menikmati karena anda cuma sekedar berlibur, coba anda yang tinggal di daerah tersebut..
      keluarga anda ada yang skit parah,dan harus cepat d bawa kerumah sakit..
      dengan kondisi jalan seperti itu..
      ( didi kandangan -sarongan )

2. di biarkan alami ga berarti harus dibiarkan jelek akses dan fasilitasnya...dan memang harus memperhatikan tingkat kesejahteraan masyarakat sekitar...

12. Saya anak Desa Sumberasri Kecamatan Purwoharjo, sy tinggal diSidoarjo, jalan rusak oke wisata oke, kalau mau jalan baik sy pernah buat proposal ke Propinsi pembenahan jalan di pertigaan curahjati ke sumberasri dan ke jatirejo karena jl tersebut mulai sy SMP Prajamukti sampai saya kerja tidak pernah dibenahi, setelah sy buat proposal alhamdulillah sekarang oke (Hidup banyuwangi)

1. Sip Pertigaan Curahjati sudah sangat baik jalannya ...

13. Wah ini saya mau berlibur ke BWI jadi takut kalau aksesnya ga bsa dilewati kendaraan prbadi.. memang untuk kepantai plekung harus bagaimana?apa harus menyewa jeep.. mohon info

1. Untuk ke Plengkung sendiri, bisa menggunakan kendaraan pribadi bisa juga menyewa jeep di sana :)

14. Wow ternyata banyak juga ya wisata di banyuangi.. taunya hanya kawah ijen aja... nice info lain kali mampir ke tempat wisata yang lain ah..

15. Banyuwangi memang memiliki segudang tempat wisata yang indah.

16. wong banyuwangi ra ngerti kandangan sobone sik adohan pitik wkwkkwkk, wong turis londo ae saben dino lewat hehehehehe,

17. saya asli BWi , anak pariwisata,
    kalo anda ingin komentar mengenai objek wisata. seharusnya anda faham dulu dong yg anda kunjungi itu termasuk dalam kawasan wisata apa. sekarang kalo emang ijen dan alaspurwo itu masuk ke dalam kawasan eco tourism , jadi anda tidak bisa mnyalahkan kondisi jalan yg rusak. karna ecotourism hanya untuk orang2 yg puxa adrenalin . kalo gak pengen ada tantangan jalan rusak ya kunjungi aja tempat wisata hiburan umum. untuk lebih jelasnya tanya ja de ke dinas pariwisata BWI. biar gak saling menyalahkan satu sama lain

1. Setuju!! Yg dicari traveller itu adrenalinnya bukan keenakan!! Semakin menantang maka kami para traveller semakin puas

18. saya asli banyuwangi .emang bgus dan exsotik alam yg menawan apalagi jalan bgus.

19. saya dari sekolah tinggi pariwisata ambarukmo.. dibanyuwangi tempat wisatanya gak kalah sama lainnya, dan kebudayaannya juga sangat mengagumkan... cuman kurangnya dari segi infrastruknya.. kayak jalan-jalannya banyak yg masih berlubang. dan ditempat wisatanya pun masih kotor.. permintaan saya kepada Bpk.BUPATI jalanan yang berlubang itu dibenahi pak, jangan setengah-setengah.. karna apa, kalok pariwisata yg ada dikota banyuwngi maju pesat otomatis PAD nya akan meningkat juga. kita gak boleh kalah , harus maju biar banyuwangi bisa ngalain tetangga kita kayak BALI.. matur nuwon ??????

20. Ya semuanya tergantung anda sebenarnya!! Saya asli banyuwangi!! tempat wisata (triangle diamond BWI) itu memang disengaja tidak dibenahi cara menuju kesananya atas dasar apa gubernur tidak membenahi itu soalnya triangle diamond BWI itu masih sangat alami, jika jalannya diperbaiki para wisatawan banyak yg datang dan rusaklah sudah pesonanya....
    Jika kalian memang bener" suka tempat" begituan, pasti yang kalian cari itu bukan mudahnya cara meraih
    Semakin susah meraihnya semakin terbayar usaha andaa

21. emang ada juga yang maunya gitu. tapi kan gak semua orang?????
    liat lo kota banyuwangi, masih banyak yg berlobang.. msak dibiarin aja??
    kan kalok banyak wisatawan yg sukan / sering kewisata banyuwangi kan bisa menguntungkan & menambah PAD kan? liat lainnya banyuwangi,, berbondong" membenahi tempat wisatanya masing" demi menarik minat wisatawan domestik maupun asing.. ini ada yg gak suka kalok tempat kita sering dikunjungi wisatawan & menjadi tempat favorit / wajib dikunjungi bagi para wisatawan...
    kota BANYUWANGI sangat pantes lo jadi tempat wisata, karna panorama yg ada dikota banyuwangi masih alami & bagus... dan kebudayaannya juga tidak kalah sama yg lain dalam segi keunikannya & atraksi"nya...
    SEMOGA KOTA BANYUWANGI TAHUN 2015 BISA MENJADI KOTA YG DIKENAL DINASIONAL MAUPUN DIKANCAH INTERNASIONAL, TERUTAMA DALAM SEGI PARIWISATANYA, KEBUDAYAANNYA & MAUPUN LAINNYA..

WANGI LAH ENGKAU BANYUWANGI AKU, SPERTI NAMA MU < BANYUWANGI >

22. Pingin banget ke banyuwangi..., mudah2an tahun ini bisa liburan kesana meskipun harus berjalan jauh lampung - jawa timur

23. setelah Pacitan kota seribu goa, liburan sekolah Juli ini saya ingin ke BWI travelling dng keluarga. Apakah bisa saya diberi info penginapan, persewaan mobil (dr Sby saya akan naik pesawat) tempat penjualan durian merah dan kuning (klu bisa wisata petik sendiri dr kebun), pulau merah. Thx

1. untuk info nya anda bisa hubungi di no hp 082334629343 siap bantu untuk kendaraan + info seputar banyuwangi

24. di cantumin sama biaya2 wisata disana makin mantep kang

25. Saya pernah ke Banyuwangi, yaitu di Pantai Grajagan...
    Namun sayangnya jalan dan jalur yang harus saya tempuh malah terkendala, infrastruktur jalan yang kurang baik adalah masalah yang seharusnya diperhatikan lebih.
    Pantainya cantik, keren, indah, namun juga kebersihan juga harus diperhatikan :)
    terima kasih mungkin itu saja masukan buat Wisata yang ada di Banyuwangi.

26. Mohon Info tentang tempat Wisata dan penginapan yang tidak jauh dari Stasiun Kereta Api, Karena Kami ( Komunitas Pencinta SEPUR ) punya rencana Rombongan Naik Kereta Api ke BWI dan mencari penginapan dan tempat wisata yg tidak jauh dari Stasiun KA. Atas infonya saya ucapkan terima kasih.

27. Blog yang sangat menarik dan cocok untuk menjadi referensi wisata di Banyuwangi
    Agar perjalanan lebih seru Kunjungi juga http://travelmalangindo.blogdetik.com

28. blog ini bisa menunjang perkembangan pariwisata banyuwangi

29. Saya sudah lamaaaa gak ke Grajagan,...mohon info dong apakah jalan dari Benculuk ke arah Grajagan terutama Purwoharjo ke arah Grajagan masih rusak,...Insyaallah mei 2015 pengen bernostalgia ke Grajagan bersama anak istri, karena anak istri belum pernah saya ajak ke Grajagan,..... masih adakah hotel yg di Grajagan itu,...berapakah tarifnya,..... rencana dari Jogja ke Grajagan pakai sedan, amankah,...?!? trims

1. Untuk jalan dari Benculuk sampai Purwoharjo dapat di bilang relatif sangat bagus, Purwoharjo ke Grajagan juga dapat di katakan relatif mudah, namun untuk pertengahan jalan khususnya dari pertigaan Curahjati ke Grajagan jalan cukup rusak namun masih aman jika menggunakan mobil sedan.

Untuk hotel di Grajagan juga masih tersedia, untuk tarif sendiri cukup murah, bisa datang langsung, dan tentunya tidak akan menguras kantong selain itu untuk pelayanan dan isi hotel cukup lengkap.

Thanks sudah berkomentar :)

30. ayoo banyuwangi.. jengirat tangii.. gak sabar melihat banyuwangi maju tempat wisatanya..meskipun aku orang probolinggo I LOVE BWI

31. http://mandiriwisataindonesia.blogspot.com/2014/10/mandiri-wisata-indonesiaeasy-travel.html

32. Mari kita ramaikan semua obyek wisata di banyuwangi, Pulau Merah, Kawah Ijen, G-Land, Pantai Grajagan, Teluk Hijau, Sukamade, Gunung Raung, Watu Dodol, Kalibendo, Kampung Using, Kampung Anyar , dsb...

33. Keren gan Banyuwangi mantap. Mampir juga ke blog ane ya gan http://jejak2wisata.blogspot.com/2015/07/10-tempat-wisata-yang-recommended-di.html?m=1

34. Banyuwangi my trip my adventure..
    tunggu aku banyuwangi..
    www.sepatusafetyonline.com

35. saya baru pertama x ke banyuwangi.... kota yg ramah...

bisa di info ..objek wisata yg mudah ditempuh dari hotel mahkota plengkung...? krn kami ga bawa kendaraan

makasiii

36. Adakah biro perjalanan wisata banyuwangi yg bisa memfasilitasi....kami berombongan akan kesana. Mohon info. Kami dari sby. Tks

37. Indah sekali Tempat wisata di banyuwangi, Terimakasih atas info nya yang lengkap

Jika Anda membutuhkan paket wisata Banyuwangi yang keren silahkan lihat highlight nya berikut:

38. wow..keren2 yah tempat wisata alamnya, banyak pilihannya juga :) very nice...

39. Ternyata di banyuwangi banyak destinasi wisata ya, walaupun di dominasi oleh wisata pantai, tapi belom begitu booming. taunya banyuwangi kalo mau penyebrangan ke Bali aja :D

40. semoga banyuwangi wisatanya semakin baik kedepannya, semakin memakmurkan dan membanggakan..aminnn

41. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,
    Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan
    Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 750juta saya sters hamper bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu dengan kyai ronggo, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI RONGGO KUSUMO kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 3Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 3M yang saya minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada. Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi kyai ronggo kusumo di 082349356043 situsnya www.ronggo-kusumo.blogspot.com agar di berikan arahan. Toh tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi kyai ronggo kusumo pasti akan di bantu