Blog yang berisi tentang informasi wisata banyuwangi, liburan dan rekreasi keluarga, serta kumpulan cerita rakyat

Tips Berwisata dan Liburan yang Ramah Lingkungan

Tips Menjaga Kelestarian Alam Saat Liburan - Di beberapa Negara telah memberikan peraturan tentang lingkungan wisata, dimana dalam peraturan tersebut berisi mengenai larangan membuang sampah sembarangan di area wisata, jika di ketahui membuang sampah sembarangan, maka akan di denda sesuai dengan apa yang di lakukan. Tak heran kalau tersedia banyak sekali tempat sampah di setiap sisi spot yang di khususkan untuk pengunjung yang datang. Secara tidak langsung hal ini akan memberikan nilai plus karena lingkungan sekitar tetap terjaga.

Tips Saat Berwisata dan Liburan, Tentang Kelestarian Alam Sekitar
Di Indonesia sendiri peraturan ini sudah di galangkan untuk beberapa spot wisata. Namun karena kurang tegasnya peraturan yang ada, dan seakan nyaman dengan pelanggaran yang di perbuat, masih saja banyak pengunjung yang seenak udelnya membuang sampah di sembarang tempat. Dan jangan heran kalau beberapa spot wisata mempunyai pemandangan yang kurang sedap di pandang akibat penumpukan sampah yang berlebihan.

Nah untuk mengurangi dampak buruk tersebut, kali ini saya akan membagikan tips buat kalian semua tentang Hal Mudah yang Harus Dilakukan Saat Berwisata dan Liburan. Dan semoga tips berikut ini dapat bermanfaat buat kita dalam rangka melestarikan alam dan lingkungan sekitar.

  1. Saat Liburan, Usahakan membawa plastik kresek ukuran sedang, dan punguti sampah yang berserakan. Baik bungkus makanan, minuman, atau sampah lainya. Kumpulkan jika dirasa sudah penuh buang sampah pada tempatnya
  2. Kalau perlu, bawa sapu lidi dan beberapa kantung kresek bersihkan daerah yang penuh dengan sampah lalu buang pada tempatnya
  3. Jika kalian memergoki seseorang yang membuang sampah sembarangan, tegur dia dan kalau bisa tawarkan dia kantung kresek untuk mengumpulkan sampah-sampahnya
  4. Saat liburan, usahakan tidak membawa makanan yang di bungkus dari plastik

Itulah hal mudah yang dapat kalian ikuti untuk berkonstribusi langsung dalam rangka menjaga lingkungan alam yang bersih dan sehat. Selain manusianya yang sehat, spot wisata yang kita kunjungi akan lebih indah di pandang. Dan terasa lebih indah jika kita ikut andil dalam pelestarian alam di dalamnya.

Sebenarnya tips ini di tujukan untuk kalian yang mempunyai kesadaran dan kepedulian terhadap alam. Namun,walaupun begitu semua juga mempunyai hak yang sama. Bayangkan jika kita berhasil mengumpulkan sampah setiap kita liburan, kalau di setiap spot wisata kita mampu mengumpulkan sampah hingga 10 KG lalu berapa sampah lagi yang dapat kita kumpulkan ketika kita liburan sebanyak 20 kali? Sudah banyak bukan? Dan sepantasnya kita berbangga.

Tips Berwisata dan Liburan yang Ramah Lingkungan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: M Lukmantoro

0 comments:

Post a Comment