Home » » TAMAN SRI TANJUNG BANYUWANGI

TAMAN SRI TANJUNG BANYUWANGI

        Taman Sri Tanjung Banyuwangi. merupakan Taman Yang indah. sebab itu Taman Sri Tanjung banyak yang mengunjungi mulai dari orang dewasa sampai anak-anak. Walaupun Taman ini dikelilingi oleh jalan raya Banyuwangi yang tiada henti
mobil maupun sepeda motor yang melewati tapi Taman ini masih terasa nyaman dan tenang jika kita berada
ditaman itu. kita akan bisa berjalan-jalan mengelilingi indahnya taman. disekeliling kita akan menemukan pedagang yang menjual macam-macam produk eh maksutnya barang-barang ataupun khas banyuwangi. taman ini cocok menjadi tempat akhir pekan bersama anggota keluarga bahkan kita bisa camping disitu hehehehehehehe. ow iya bagi anda orang yang beriman mungkin kalau siang anda ingi mengerjakan ibadah ya kan?. tidak usah kawatir didekat taman ini ada sebuah masjid yang mempunyai nama masjid Agung.
Masjid Agung Baiturahman adalah ikonnya masyarakat Banyuwangi. Masjid ini sebelumnya bernama Masjid Jami’ Banyuwangi ini berdiri di saat Banyuwangi pertama kali dibangun. Mas Alit atau Raden Temenggung Wiraguna I pada tanggal 7 desember 1773 ditunjuk sebagai bupati Blambangan terakhir sekaligus bupati Banyuwangi pertama. Mas alit pun langsung memerintahkan kepada para punggawa Blambangan untuk membuka ibukota baru (yang telah dipilihnya), dan yang pertama dilakukan adalah membuat tempat untuk melakukan shalat lima waktu berjamaah, karena pengikut Mas Alit/ prajurit-prajurit Blambangan adalah adalah penganut agama Islam yang taat beribadah. Dari sebuah tempat yang sangat sederhana yang hanya dibatasi oleh kayu seadanya kemudian dibentuk lebih indah itu akhirnya menjadi masjid yang cukup luas. Sampai sekarang tanggal 7 Desember dijadikan hari lahir (Harlah) Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi. Setahun setelah pembuatan masjid sederhana, tepatnya sejak 24 oktober 1774, Masjid Jami’ Banyuwangi mulai ramai menjadi tempat shalat.
Masjid Agung kebanggaan masyarakat Banyuwangi ini mengalami renovasi beberapa kali setelah berdiri.
Pertama: mulai dibangun secara permanen tahun 1840, selesai dibangun tanggal 18 Sya’ban 1260H/1844, waktu itu pembangunan permanen pertama kali dipimpin oleh Bupati Raden Adipati Wiryodanu Adiningrat, sebagai pelaksana pembangunan Patih Raden Pringgokusumo Hadiningrat yang dibantu oleh Hakim Bagus Achmad bin Ngabsi.
Kedua : Mulai direnovasi tanggal 28 Maret 1969, selesai dipugar tanggal 8 Maret 1971 dan diresmikan tanggal 12 April 1971.
Ketiga : Mulai direnovasi bentuk atapnya (kubah) tahun 1986, selesai dibongkar atapnya menjadi atap joglo tahun 1990, dan diresmikan tanggal 7 maret 1990
Keempat: Publikasi gambar rencana pembangunan Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi tanggal 12 juni 2005, mulai dibangun kembali (peletakan batu pertama) tanggal 9 september 2005.(sisipan buletin jum’at baiturrahman edisi 1 oktober 2008)

Share this article :

3 komentar:

  1. makin bagus ya sekarang masjidnya...

    BalasHapus
  2. SEMOGA SEHAT SELALU.

    J A H E S U P E R. serbuk jahe murni, tanpa gula dan bahan pengawet.

    Agen Jakarta:
    *)Hushby Parfum. Jl. Cileduk Raya no.6 Cipulir – ulujami 021-91986008

    Agen Surabaya :
    *)Swalayan 'ALMAS MART'. JL. IKAN MUNGSING 3 NO. 24. (031) 3540668

    Agen Malang :
    *) Depot HTS Lawang.
    *) Depot Mesir Kota Batu.
    *) Kopi bubuk Sido Mulyo (pasar klojen malang). Dsb.

    Agen Bnyuwangi
    *) GARUDA Busana
    Jl. Basuki Rachmat 82. (0333)-7700035


    Email : jahesupermalang@gmail.com
    www.jahesuper.com

    BalasHapus

Berikan Komentarmu dengan Sopan Guys !!!
:)

 
Get On : Privacy Police | About This Blog | About Me | Contact Me | Parse HTML
Copyright © 2013. Surga Banyuwangi - Muhammad Luqman
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger